Wedhusku

Selasa, 13 November 2012

BAB VIII DAMPAK PERKEMBANGAN IPA DAN TEKNOLOGI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA


·         Dampak teknologi terhadap pencapaian kemkmuran dan kemudahan hidup manusia
1.      Dampak Positif
Perkembangan teknologi membawa manusia kearah pencapaian kemakmuran dan kemudahan dalam kehidupan baik dalam bidang sandang, pengan, perumahan, dan kesehatan
B . Dampak Negatif
1.      Banyaknya pabrik (indudtri )bila tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan pencemaran lingkungan
2.      Kemajuan di bidang nuklirbanyak dimanfaatkan oleh negara-negara adikuasa untuk menciptakan senjata-senjata nuklir untuk memusnahkn manusia
3.      Kemakmuran dan kemudahan yang dicapai manusia akan manimbulkan adanya berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh pola makan yang salah.
4.      Penggunaan alat computer pada berbagi kegiatan kantor-kantor, perusahaan, bank dan sebagainya untuk menunjang barbagai kegiatan ternyata juga menimbulkan pengaruh/gangguan pada pemakainya misalnya mata pedas.
·         Dampak terhadap Sumbar daya alam hayati dan nonhatayi
1.      Dampak positif
Sumber daya alam dapat dimanfaatkan secara optimal.
2.      Dampak negatif
1.      timbulnya pabrik pabrik pengolah industry akan menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan yang dihasilkan oleh limbah pabrik tersebut.
2.      Ditemukan bahan-bahan tambahan pada makanan ternyata juga menimbulkan penyakit-penyakit yang berbahaya
3.      Ditemukan zat-zat pembasmi jasad pengganggu tanaman.
·         Dampak teknologi terhadap transportasi dan komunikasi
1.      Dampak positif
·         Dengan adanya kendaraan-kendaraan model baru yang dihasilkan oleh teknologi yang makin canggih maka masalah transportasidan komunikasi bukan merupakan suatu hambatan untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan.
·         Dengan adanya pembangunan jalan layang dan jembatan gantung dapat mengatasi masalah transportasi seperti kemacetan dan memperlancar hubungan antar daerah.
·         Penggunaan energy dari gelombangdalam berbagai keperluan seprti radio, televise, teleks sangat berguna dalam bidang komunikasi dan hiburan yang dapat dnikmati langsung dari jarak beribu-ribu kilometer.
2.      Dampak negative
·         Dengan meningkatnya jumlah kendaraan/mobil yang mempergunakan bahan bakar yang mengandung carbon monoksida CO pada konsentrasi yang membahayakan bagi kesehatan manusia.
·         Adanya pesawat dengan kecepatan tinggi akan menimbulkan kebisingan di udara yang bisa mengganggu pedengara manusia
·         Adanya tangki minyak yang bocor di lautakan menyebebkan terjadinya pencemaran di lautan yang akan berpengaruh terhadap ikan-ikan dilautan yang dikonsumsi manusia
·         Adanya kemudahan untk menikmati siaran teleisi dari negara lain dapat menimbulkan dampak negative di kalanga remaja karena kebudayaan yang berbeda antara begara kir=ta dengan negara amerika misalnya.
·         Peralatan paling canggih untuk bidang industry
Perkembangan teknologi informasi membawa dampak positif pada bidang industry karena barang-barang yang dahulu dikerjakan dengan tangan kini diambil alih oleh mesin. Dengan adnya teknologi informasi hasil produkso lebih cepat membanjiri pasaran di samping juga mengurangi biaya.
·         Dampak pembangunan terhadap lingkungan
Terjadiya masalah masalah ingkungan yang akan mempengeruhi kesejahteraan masyarakat seperti pengaruhnya langsung seperti polusi, keracunan karena tampak jelas dan dapat dirasakan oleh masyarakat.
·         dampak kegiatan manusia terhadap lingkungan hidup telah menimbulkan berbagai masalah berikut :
1.      mutasi gen
mutasi gen berakibat menurunya daya tahan tubuh generasi muda yang diperoleh secara alami.
2.      Dampak Rumah Kaca
Pengguanaan minyak bumi menyebebkan kenaikan gas CO2 . gas CO2 di atmosfer berperan sebagai jkaca di rumah kaca yang menghalangu pantulan sinar matahari dari bumi, sinar pantulan bergelombang panjang sehingga mempunyai dampak kepanasan. Kanaikan gas rumah kaca ini juga dpat disebabkan karena pembalakan hutan.
3.      Hujan asam
4.      Lubang lapisan ozon
5.      Pencemaran air



Tidak ada komentar:

Posting Komentar